Kamis, 13 September 2012

Optimasi Meta Tag Pada Setiap Postingan Blogspot


Ilmu Komputer– Blogger (blogspot) merupakan situs blog gratisan yang disediakan oleh Google yang diakuisisi dari perusahaan Pyra Labs pada tahun 2003. Situs blogger memiliki beberapa keunggulan dibanding situs blogging sejenis seperti wordpress.com atau tumblr seperti ketersediaannya plugin-plugin gratis, kemudahan dalam fitur postingan, hingga tersedianya theme-theme gratis yang dapat di download diinternet.
Selain itu situs blogspot mempunyai keunggulan lain berupa kecepatannya dalam peng-index-an di halaman pencarian Google dibanding situs-situs micro blogging lainnya. Bila anda membangun sebuah situs berbasis blog dengan blogspot, jangan kaget bila hanya dengan melakukan 3 hal berikut: Ping, Submit RSS dan Submit Directory. Dalam waktu beberapa jam saja (bahkan terkadang hanya beberapa menit saja) halaman utama blog anda sudah terdaftar pada mesin pencarian Google.
Meskipun demikian, blog yang dibuat dengan blogger / blogspot memiliki keterbatasan dalam optimasi SEO. Sangat jauh bila dibandingkan dengan wordpress.org yang memiliki senjata plugin yang jauh lebih komplit. Keterbatasan pada blogspot adalah pada optimasi Meta Tittle, Meta Tag dan Meta Description. 3 hal yang sangat mempengaruhi apakah mesin pencari dapat menemukan situs anda atau tidak.
Terdapat banyak tulisan diinternet mengenai cara menambah atribut meta tag pada situs blogspot anda, namun trik berikut sedikit berbeda karena akan menambahkan atribut meta tag ini ke seluruh postingan secara otomatis. :-) Untuk mengatur Meta Tag, Keyword, dan Description agar dapat ditemukan oleh mesin pencari, anda dapat mencoba merubah sedikit kode html yang terdapat pada bagian rancangan > edit html
Optimasi-Meta-Tag-Pada-Setiap-Postingan-Blogger
Setelah masuk ke mode edit html, centang kotak kecil pada Expand Template Widget
Lalu tekan CTRL+F pada keyboard, lalu paste kode berikut: <title><data:blog.pageTitle/></title> pada kotak pencarian dan klik Next atau find (tergantung browser yang digunakan).
Alat pencari akan menandai kode yang ditemukan tersebut dengan dihighlight warna hijau. Selelah ditemukan hapus script tersebut kemudian ganti dengan script dibawah ini:
<b:if cond=’data:blog.url == &quot;http://ALAMATBLOGANDA.blogspot.com/&quot;’>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta name=’DESCRIPTION’ content=’ISIKAN KATA KUNCI DESKRIPSI BLOG ANDA DISINI’/>
<meta name=’KEYWORDS’ content=’ISI KATA KUNCI UNTUK BLOG ANDA.GUNAKAN KOMA BILA LEBIH DARI SATUE’/> </b:if>
<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<title><data:blog.pageName/> – <data:blog.title/></title>
<meta expr:content=’data:blog.pageName + “, ” + data:blog.title + “, ” + data:blog.pageName’ name=’Description’/>
<meta expr:content=’data:blog.pageName + “, ” + data:blog.title + “, ” + data:blog.pageName’ name=’Keywords’/>
</b:if>

Lalu simpan template blog anda. Kini Blog anda telah memiliki struktur Meta Tittle, Meta Description yang lebih bersahabat dengan mesin pencari Google.
Demikian informasi mengenai Optimasi Meta Tag Pada Setiap Postingan Blogger. Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes